Thursday, August 22, 2013

Prinsip Dasar Latihan ''NafasPiramid''

     Dalam proses pelatihan ''NafasPiramid'' ada 3 prinsip yang mendasar:
  1. Pemanasan (Duduk Nafas Meditasi)
  2. Pelatihan (NafasPiramid)
  3. Pendinginan/Penutup (Duduk Nafas Meditasi Akhir)
Pemanasan
     Pada tahap awal dalam pelatihan NafasPiramid, yang pertama Warming Up (Pemanasan) supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
     Diawali dengan duduk nafas perut, tubuh kedua kaki bersilah, kedua tangan digenggam, badan tegak, pandangan mata lurus ke depan, rilex tidak ada yang tegang (lemas alami), dengan nafas tarik pelan-pelan melalui lubang hidung, tekan tahan pelan-pelan dalam perut, keluarkan nafas pelan-pelan melalui lubang hidung rasakan. Terus lakukan prinsip ini selama 5-10 menit (Duduk nafas meditasi).

Pelatihan
      Setelah tahap awal sudah kita latih/tahap pemanasan, lalu selanjutnya dilteruskan dengan pelatihan dasar, perpaduan dengan tahan nafas, kedua kaki bentuk kuda-kuda seperti piramid, badan tegak lurus, kedua telapak tangan dibuka lurus ke depan bentuk seperti piramid, semua badan tidak ada yang tegang (Lemas alami), singkronkan semua prinsip dengan perpaduan nafas segitiga tanpa ada gerakan dengan tenggang waktu 8-15 detik dalam 1 rangkaian, lalu berdiri biasa/istirahatkan atau lemaskan 15-45 detik. Lakukan rangkaian semua itu berulang-ulang ditempat terbuka, tanpa alas kaki. Lama latihan 1- 1,5 jam. (Pelatihan NafasPiramid).

Pendinginan/Penutup
      Setelah semua prinsip tahapan telah selesai dari tahap pemanasan, pelatihan, diteruskan tahap penutup. Duduk nafas perut, tubuh kaki bersilah, badan tegak, tangan di genggam, pandangan mata lurus ke depan, rilex tidak ada yang tegang (lemas alami), dengan nafas tarik pelan-pelan melalui hidung, tekan tahan dalam perut, keluarkan nafas pelan-pelan melalui hidung sambil konsentrasi ke otak/pemikiran. Teruskan prinsip ini selama 10-15 menit. (Duduk nafas meditasi akhir).
      Itulah beberapa prinsip dasar ''NafasPiramid'', catatan ini bukanlah suatu panduan pelatihan, tapi sebagai penambah pengetahuan/wawasan saja.


Ingat...!!!
Nafas adalah nyawa.



     Untuk pemula yang  belum tahu masalah pernafasan atau yang belum tahu trik-trik pernafasan, kalau mau berlatih harus ada yang mendampingi/instruktur komando. Sebab kalau terjadi hal-hal yang tidak bisa diinginkan/salah nafas bisa langsung diatasi.
     Semoga catatan ini bisa bermanfaat.

Anda tertarik, Berminat...!!?
Kami siap diundang, pribadi atau kelompok. waktu dan tempat tentukan sendiri, setelah ada konfirmasi bersama. 


Info: 0234 5278989
         081947251505
nafaspiramid.blogspot.com

Kontak: Acing
              087717900789

Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment